Jakarta (26/09) – Bidang Perencanaan Tim Pelaksana KKIP menggelar rapat bersama jajaran Staf Logistik Staf Perencanaan Polri di Ruang Rapat KKIP, Gedung DI. Panjaitan – Kemhan, pada Selasa, 26 September 2023.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Kabid Perencanaan KKIP Laksda TNI (Purn) Darwanto, MAP, dan dihadiri oleh Polri antara lain Brigjen Polisi S.H., S.I.K., M.H.selaku Karopal Slog Polri, Kompes Polisi Adex Yudiswan, S.H., S.I.K., M.Si., AKBP Rony Riantoko, serta jajaran staf di lingkungan KKIP.

Bergabung melalui daring pada rapat tersebut diantaranya adalah Kabid Kerja Sama dan Pemasaran KKIP Ir. Alex J. Sinaga, M.Eng, Staf Ahli Bidang Litbangyasa Dr. Teguh Haryono, dan perwakilan Balitbang Kemhan.

Rapat kali ini membahas tentang tanggapan Polri tentang rancangan peraturan presiden tentang Rencana Induk Industri Pertahanan. Sebelumnya bidang perencanaan telah membentuk tim kerja yang beranggotakan para pemangku kepentingan industri pertahanan yang bertugas memantapkan rancangan peraturan sebelum diajukan untuk ditetapkan menjadi Perpres.

Bapak Brigjen Pol Irman menjelaskan bahwa perlu adanya pengembangan Grand Strategy Polri yang menekankan pada bagaimana organisasi menjalankan perannya dalam masyarakat dan negara untuk mendukung pencapaian Visi Indonesia 2045. Beliau menambahkan Rencana Induk Industri Pertahanan akan menjadi salah satu pertimbangan Grand Strategy Polri 2025 – 2045 dimana modernisasi dan ketangguhan Polri menjadi salah satu pilar dalam melaksanakan tugas pokok Polri.

Kabidren KKIP menerangkan perkembangan teknlogi khususnya terkait dengan keamanan siber perlu menjadi perhatian bersama yang dapat dilaksanakan dengan memberdayakan Industri Siber sebagai garda pertahanan dan keamanan negara. Hal tersebut juga senada dengan kebijakan pemerintah yang menurunkan Anggaran khusus untuk pengembangan Siber Indonesia.

Para peserta rapat menyepakati bahwa Polri merupakan bagian integral dalam upaya memajukan industri pertahanan di dalam negeri. Diharapkan di masa mendatang ada peningkatan kontribusi industri dalam negeri dalam pemenuhan kebutuhan Polri seperti amunisi dan senjata api.

Menutup rapat Kabid Perencanaan KKIP menyampaikan apresiasi atas tanggapan yang disampaikan oleh Polri. Beliau berharap masukan tersebut dapat menyempurnakan naskah rancangan perpres rencana induk industri pertahanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Translate »