[ Timlak KKIP foto dengan Lanud Adi Sutjipto ]

Jakarta, Tim Pelaksana KKIP yang melaksanakan kunjungan kerja ke Lanud Adisutjipto dan Depohar 50 adalah: Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo-Katimlak KKIP selaku ketua rombongan, Dr. Ir. Yono Reksoprojo, DIC-Kabid Alih Teknologi dan Ofset Timlak KKIP, Ir. Alex Janagkih Sinaga, M.Sc. Eng.-Kabid Kerjasama dan Pemasaran Timlak KKIP, Marsda TNI (Purn) Danardono Sulistyo Adji, M.PP-Staf Ahli KKIP Bidang Kerjasama dan Ofset, Kolonel Laut (T) Victor Ngadi, Sm-Koorspri Katimlak KKIP, Kolonel Inf Adang Suherlan S.sos-Kabag Talak Set KKIP, Kolonel Adm Deni Kusnadi, S.I.P., M.M.-Staf Bidang Kerjasama dan Pemasaran Timlak KKIP, Kolonel Tek Anang Setiawan, S.T., M.T.-Kasubdit Prokerma Dittekindhan Ditjen Pothan Kemhan,  Sena Maulana, S.Ds., MsT (Han)-Staf Bidang Teknologi dan Ofset KKIP dan Mayor Laut (KH/W) Nelly Astuti Gumayati, S.Kom-Staf Bagian Tatalaksana Set KKIP.

Giat tersebut dilaksanakan secara 2 hari, tanggal 27 Oktober 2021 Tim Pelaksana KKIP di terima oleh Danlanud Adisutjipto Marsma TNI M. Yani Amirullah dan pejabat Lanud Adisutjipto di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto. Paparan di lakukan oleh Timlak KKIP yang disampaikan oleh Dr. Ir. Yono Reksoprojo, DIC selaku Kabid Alih Teknologi dan Ofset Timlak KKIP yang menyampaikan judul paparan “Valuasi”, multiplier dan Penerima KLO. Paparan dari Lanud Adisutjipto disampaikan oleh Kolonel Tek Taufik selaku Kadislog Lanud Adisutjipto dengan judul “Program life extention pesawat KT-1B Woong Bee Lanud Adisutjipto”. 

Pesawat KT-1B Woong Bee TNI AU di Lanud Adisutjpto sebanyak 14 pesawat pada akhir TA 2021 akan datang tiga pesawat baru. Sedangkan untuk pemeliharaan tingkat ringan dilaksanakan oleh Skadik 102, pemeliharaan tingkat sedang oleh Skatek 043 dan pemeliharaan tingkat berat oleh Sathar 11 Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung. Beberapa pesawat usia life cycle nya mendekati maksimal, diperlukan life extension program untuk memperpanjang usia pesawat agar tetap dapat dioperasionalkan. Program tersebut didahului oleh ASIP (Aircraft structural integrity program) untuk menganalisa beban yang diterima struktur pesawat sehingga dapat ditentukan pemeliharaan yang dilakukan selanjutnya. Program ini dapat dilaksanakan melalui pemasangan sensor strain gauge pada 13 titik utama struktur pesawat KT-1B. Selama pelaksanaan ASIP TNI AU dapat tetap menggunakan pesawat untuk operasional penerbangan 

[ Foto dengan Depohar 50 ]

Tanggal 28 Oktober 2021 Tim Pelaksana KKIP diterima oleh Dandepohar 50 Kolonel Lek adi Siswoyo beserta staf di ruang rapat Mako Depohar 50, pihak Denpohar melakukan paparan yang di sampaikan oleh Letkol Lek Chandra Kelana selaku Kadisrendalhar Depohar 50.

Tugas Depohar 50 melaksanakan pemeliharaan tingkat berat peralatan Radar serta peralatan pendukung lainnya meliputi instrument/AUP, elektrik, mekanik, ancillaries dan STL peralatan Radar. Depohar 50 membawahi lima satuan pemeliharaan (Sathar) untuk mengcover pemeliharaan di 20 satuan radar (Satrad) yang tergelar di seluruh Indonesia) dengan jenis Radar Thomson, Plessey, Mater T, dan Radar Non surveillance (Radar Weibel, PSU Oerlikon, Radar Smart Hunter, Radar Cuaca, Radar Approach, FDC Sistem Hanud Nasams).

Disamping hal tersebut kemampuan Depohar 50 adalah membuat cloning card yang merupakan kegiatan reverse engineering secara terbatas dalam upaya dan inovasi memenuhi kebutuhan sukucadang radar Thomson sebagai bagian dari proses kemandirian alutsista.

Translate »