Sumber gambar: PT Pindad

 

Bagian 1

 

Bicara soal pabrikan senjata, nama Pindad tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pabrik yang sudah berdiri cukup lama di Bandung ini sudah memproduksi banyak sekali senjata. Kali ini kita akan bahas detail senjata SPR-2, buatan dari Pindad.

SPR-2 mulai diperkenalkan tahun 2007. Saat itu, wakil presiden era presiden RI ke-6 SBY, Jusuf Kalla berkunjung ke Pindad dalam rangka pemesanan panser 6×6 untuk TNI.

SPR-2 ini memiliki spesifikasi sebagai berikut: Kaliber 12,7 mm dengan Munisi 12,7 x 99 mm MU-3TJS. Munisi ini sangat ampuh untuk menjebol baja setebal 10 mm, kaca anti peluru kendaraan tempur bahkan bisa melumpuhkan lawan yang bersembunyi di balik tembok batu bata maupun kayu tebal sekalipun. Munisi ini sangat efektif bila digunakan untuk aksi sabotase seperti melumpuhkan helikopter dan pesawat terbang di landasan, kabin radar, peluncur rudal, hingga tangki bahan bakar. Sistem operasinya menggunakan Bolt Action/Repeater. Sedangkan untuk pengumpanan memakai Magasin kapasitas 5 peluru.

Untuk berat total mencapai 16 kg dengan alur laras 8 alur jarak kisar 381 mm. Alat bidik yang digunakan menggunakan Optik, memiliki fitur pembesaran lima hingga dua pulu lima kali.

Jarak Tembak Efektif dari SPR-2 ini mencapai 2.000 m dengan kecepatan peluru mencapai 850 m/detik. Bentuk SPR-2 cukup modern, memiliki styling yang menyerupai senapan runduk M-93 Black Arrow kaliber .50 BMG (12,7 x 99 mm) buatan pabrik senapan Zastava Arms, Kragujevc, Yugoslavia (Serbia).

 

 

 

[Masih berlanjut...]
Translate »