X3200 Long Range Patrol Boat 
(Sumber foto PT Lundin Industry Invest)

 

 

Bagian 1


Banyuwangi, kota di Jawa Timur ini mungkin tidak terlalu dikenal bila dibandingkan Surabaya atau pun Malang. Meski begitu, di kota ini terdapat banyak pabrik produsen kapal yang produknya sudah berhasil diekspor di manca negara dari mulai pasar Asia sampai dengan pasar Eropa

Salah satu produsen yang dikenal oleh industri militer manca negara adalah PT Lundin Industry Invest (PT LII). PT LII adalah perusahaan yang bergerak di perangkat sistem senjata (alutsista) swasta di Indonesia.

Perusahaan yang dimiliki oleh dua orang kebangsaan Swedia, John Lundin dan Lizza Lundin ini sudah berkecimpung sejak tahun 2003 di Indonesia dalam industri boats. Mereka sudah memproduksi lebih dari 250 boats untuk kepentingan industri militer.

 

Kapasitas Pabrik

Untuk luas pabrik yang dimiliki dari PT LII ini tidak main-main. Luasannya mencapai 380.000 m2 dengan luas pabrik di area indoor 6.700 m2. Ruang utama pabrik berukuran 80 x 20 x 18 m, dengan kapasitas mencapai 500 ton vessel. Dengan kapasitas pabrik sebesar ini, PT LII sudah memproduksi beragam kapal perang dan militer yang terdiri dari trimaran, catamaran dan monohul. Dengan pabrik seluas ini, PT LII mempekerjakan lebih dari dua ratus orang karyawan untuk membuat fiberglass dan bahan pendukung pembuatan kapal.

 

Sertifikat

PT LII sudah mengantongi berbagai macam sertifikat. Untuk ekspor, PT LII sudah mendapatkan CE Export Certification. Tidak hanya itu, PT LII juga sudah mendapatkan ISO 9001 -2015. Untuk di dalam negeri, PT LII sudah mengantungi izin dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam bentuk Surat Ketetapan Industri Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan Surat Izin Industri Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Dari bea cukai sendiri PT LII mendapat Grade A Bea Cukai.

Sedangkan untuk pasar internasional, PT LII sudah mengantongi beberapa sertifikat, seperti International Marince Certification Institute dan Lloyd Register Certified ISO 9001. Dengan bekal sebanyak ini membuat kredibilitas dan kualitas dari PT LII sendiri sudah tidak bisa diragukan lagi.

 

 

 

[Masih berlanjut...]
Translate ยป