Bagian 2


Berat

Saat pertama kali melihat Rantis Maung, kita semua pasti akan menduga berat mobil ini pasti lebih dari seribu kilogram. Dan ternyata berat dari kendaraan ini juga lebih dari dua ribu kilogram. Dalam kendaraan terbuka, berat kendaraan Rantis Maung mencapai 2.060 kg, sedangkan dalam keadaan tertutup bobotnya naik seratus kilogram menjadi 2.160 kg.

Fitur dan kemampuan

Mobil Rantis Maung ini memiliki kemampuan yang istimewa, terutama untuk menaklukan medan-medan off road. Hal ini bisa dilihat dari daya tanjaknya yang mencapai enam puluh persen dengan kemiringan tiga puluh persen.

Untuk radius putar dari mobil ini maksimal 13,7 meter, sedangkan untuk sistem elektrik menggunakan 12 volt dengan baterai  100 Ah/12 Volt.

Sebagai mobil perang, perangkat GPS dan tracker kendaraan jadi poin penting yang tidak bisa dilewatkan. Rantis Maung ini juga dilengkapi kedua perangkat tersebut yang berguna untuk mengetahui dimana titik musuh berada. Tidak hanya itu, terdapat empat buah towing yang tersemat di mobil ini.

Fitur yang disematkan dalam mobil ini juga salah satu fitur pemadam. Fungsi ini optional tergantung dari kebutuhan dari militer tersebut. Biasanya dalam satuan militer terdapat beberapa kendaraan yang berfungsi sebagai pemadam untuk membantu kendaraan sekutu yang terbakar atau bisa juga digunakan sebagai pemadam kebakaran di hutan dengan kontur yang sulit dilalui mobil pemadam biasa.

Terakhir, fitur yang tidak ada dalam mobil ini adalah lampu blackout, dan jerigen bbm ukuran 2 x 20 liter.

 

Senjata yang disematkan

Sebagai kendaraan tempur tentunya harus dilengkapi dengan persenjataaan yang mumpuni. Untuk Rantis Maung sendiri dibelaki dengan braket senjata kaliber 7,62 mm. Tidak hanya itu, mobil perang besar ini juga dilengkapi dengan konsol senapan serbu 552-V4. Dengan adanya kelengkapan senjata ini tentu akan memudahkan para prajurit ketika di medan perang.


					
Translate »