Sumber Foto: Web PT PINDAD

 

Bagian 1


Pada tanggal 16 Juli 2020. Kementerian Pertahanan membeli 500 Rantis Maung 4×4 dari PT PINDAD. Mobil ini dibeli Kementerian Pertahanan dalam rangka mendukung industri pertahanan pasca terpuruknya ekonomi pasca pandemic Corona.

Sebenarnya seperti apa Rantis Maung 4×4? Mari kita bahas spesifikasi serta kekuatannya.

 

Mesin

Untuk mesin Rantis Maung ini menggunakan mesin turbo diesel 2.400 cc dengan silinder 16 Valve DOHC. Mesin ini sangat pas untuk kendaraan sebesar ini. Selain bisa digunakan untuk jalan darat biasa, mesin ini juga mampu melibas rintangan-rintangan off road.

Untuk daya maksimal dari mesin ini mencapai 149 hp dan 400 Nm. Cukup bertenaga mengingat bodinya yang cukup bongsor. Daya tampung solarnya mencapai 80 liter, standar untuk mobil besar ini.

Jarak tempuh yang bisa dilalui Rantis Maung ketika semua tangki terisi mencapai delapan ratus kilometer. Ini hasil yang sangat irit, artinya 1 liter bisa digunakan untuk 10 km perjalanan. Ini sungguh luar biasa mengingat bobot bodi yang berat. Tenaga diesel dengan penyematan turbo ini ternyata berhasil mendobrak tenaga dari mobil ini.

Transmisi

Transmisi yang digunakan Rantis Maung ini menggunakan transmisi manual dengan enam percepatan. Hampir semua kendaraan tempur menggunakan sistem transmisi ini. Karena kebutuhannya bukan untuk kebutuhan harian maka transmisi manual jadi pilihan untuk memudahkan perawatan, serta mempermudah memindahkan percepatan saat di medan tempur.

Suspensi

Untuk suspensi pada mobil ini menggunakan sistem suspensi yang berbeda antara depan dan belakang. Pada bagian depan menggunakan suspensi independent, coilover shock, long arm. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan rigid, coilover shock, four link arm.

Dimensi

Bicara soal dimensi, Rantis Maung ini memiliki ruang kabin 1050 x 1640 x 1150 mm dengan daya angkut empat orang. Untuk ruang penumpang sendiri luasnya 870 x 1640 x 1150 mm.

 

 

 

[Masih berlanjut... ]
Translate »