Corona ini membuat kita berpikir lebih dalam tentang paradigma pertahanan baru yang selama ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Ketika dahulu kita bicara pertahanan tentang bagaimana membangun kekuatan militer, sekarang pemaknaan pertahanan lebih luas dari sebelumnya. Pertahanan sekarang dimaknai sangat luas, dan yang sekarang kita lihat bersama adalah pertahanan Indonesia terhadap virus.

 

 

Ulrich Schlie, pakar studi keamanan dan strategi pertahanan dari Universitas Bonn, menjelaskan: “Krisis yang kita alami sekarang adalah momen yang menentukan – juga untuk pemahaman kita tentang kebijakan keamanan.” Ulrich Schlie yang juga pernah memimpin divisi perencanaan di Kementerian Pertahanan Jerman selama bertahun-tahun. Dalam wawancaranya bersama media online DW dia mengatakan, sudah saatnya untuk mengadopsi “gagasan keamanan yang lebih luas” yang melampaui pertimbangan militer dan anggaran persenjataan saja.”

Dari pernyataan ini, Indonesia sebagai bangsa yang besar harus sudah memikirkan kemungkinan terbesar bila terjadi perang dengan senjata biologis. Bisa kita terjemahkan anggaran yang harus dikeluarkan negara kita untuk pertahanan mau tidak mau juga harus mencakup pembangunan laboratorium skala besar untuk mencegah serangan virus yang tidak terduga di kemudian hari.

Kita tidak hanya memikirkan pertahanan dari segi militer saja, membuat bangsa ini sehat fisik dan pikiran juga harus mulai dilakukan. Corona ini mengajarkan kita banyak hal untuk menjaga pertahanan fisik kita sebagai manusia adalah modal awal untuk mempertahankan negara ini. Bila kita semua sehat, bisa bertahan di situasi ini dengan pikiran yang baik, maka serangan virus yang lebih besar di kemudian hari bisa sama-sama kita tanggulangi dengan baik.

Dari sisi pelaku industri pertahanan juga kita dituntut lebih kreatif lagi dalam menghadapi situasi pandemic ini. Peralihan produksi dari membuat pakaian militer kemudian memubuat APD untuk tenaga kesehatan juga bisa dijadikan cara untuk tetap bertahan di masa pandeic ini.

Selesai Corona ini pada akhirnya akan membuat kita menjadi manusia yang lebih kuat lagi dari sebelumnya, baik dari segi fisik mau pun pemikiran. Kita akan menyadari bahwa pertahanan dan keamanan kita sebenarnya bukan sekedar di tangan pemerintah, namun lebih dari itu. Semua pertahanan dimulai dari diri kita sendiri, karena itu jaga akal sehat dan fisik kita untuk menghadapi ragam hantaman yang mengancam negara kita.

Translate »