Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kemandirian penyediaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan dalam negri diadakan Pameran Alpalhankam pada tanggal 3 Desember 2019. Pameran yang diadakan di halaman Kementrian Pertahanan ini dibuka oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto. Kegiatan ini diorganisir oleh PINHANTAMAS (Perkumpulan Industri Pertahanan Swasta Nasional).

Selain Menhan Prabowo, pembukaan pameran ini juga dihadiri Wamen Pertahanan Trenggono, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI AL Siwi Sukma Adji, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI AU Fahru Zaini. Hal yang membanggakan dari senjata dan peralatan yang dipamerkan adalah kesemuanya sudah dapat diproduksi di dalam negeri meskipun ada sebagian komponen yang masih diimpor.

Dalam pameran ini ditampilkan berbagai senjata personil laras panjang dan pendek, Sistem Penembakan Mortir Berbasis Komputer, Missile, Drone, Miniatur Kapal Perang , Patroli dan Angkut, Tank, Kendaraan Tempur dan Pendukung, Beragam Pakaian Personil serta Peralatan Pendukung lainnya. Bahkan terlihat berbagai komponen juga ada di situ seperti roda tank dan modul pelindung samping kendaraan tempur.

Pameran yang dibuka untuk umum ini selain sebagai sarana edukasi ke masyarakat juga bermanfaat untuk menunjukkan bahwa industri pertahanan dan keamanan dalam negeri semakin memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bahkan kemampuannya terus meningkat dan telah memiliki daya saing terhadap industri luar negeri (SGT).

Translate »